Sakit Mata dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, jenis kelamin dan etnis. Biasanya, gejala ini dirasakan di konjungtiva, tetapi dapat dirasakan di bola mata juga. Sakit mata dapat disebabkan oleh infeksi seperti konjungtivitis atau “mata merah muda,” alergi atau partikel asing yang datang dalam kontak dengan permukaan mata. Selain ketidaknyamanan di mata, infeksi dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, pilek atau sakit tenggorokan. Bersin, batuk, atau menyentuh mata dapat menyebarkan bakteri atau virus yang menyebabkan infeksi mata kepada orang lain.

Gejala mungkin termasuk rona merah atau merah muda pada putih mata sebagai pembuluh darah gelap. Anda juga dapat merasakan sensasi mata kering atau gatal dekat mata yang dapat menambah ketidaknyamanan Anda. Pada beberapa kesempatan, pasien mungkin mengalami kepekaan terhadap cahaya, kesulitan membuka mata setelah tidur atau debit bocor dari mata.

Penyebab dan Pengobatan Sakit Mata
Sakit mata dapat disebabkan tidak hanya oleh masalah mata itu sendiri, tetapi juga oleh masalah di sekitar mata. Penyebab yang terlibat tercantum di bawah ini serta perawatan yang sesuai.

•Conjunctivitis- Penyakit ini lebih sering disebut sebagai “mata merah muda.” Hal ini disebabkan ketika konjungtiva, atau membran yang melapisi bola mata dan kelopak mata menjadi meradang. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan bakteri, virus atau kimia yang menyebabkan iritasi. Bahan kimia, alergen, sabun atau iritasi udara seperti polusi atau asap dapat menyebabkan konjungtivitis kimia.

Dokter dapat memberikan obat yang akan menghapus infeksi ini sehingga rasa sakit di mata akan lega. Minum jus gooseberry amla dengan madu juga dikatakan untuk membantu infeksi mata yang jelas lebih efektif.

•Mata kering – Mata harus tetap dilumasi agar berfungsi dengan baik. Ketika lakrimal atau kelenjar robek  maka tidak akan memproduksi cukup cairan untuk melapisi mata sehingga mata dapat menjadi gatal dan iritasi. Mereka juga dapat menjadi terlalu sensitif terhadap rangsangan luar karena tidak ada air mata untuk membantu membersihkan iritasi tambahan.
Pemberian tetes mata dapat memberikan pelumasan yang akan meredakan mata kering. Mereka yang memiliki produksi air mata yang rendah mungkin perlu menerapkan suplemen air mata buatan untuk membantu menghindari infeksi pada mata yang disebabkan oleh overexposure.

Sumber : http://meetdoctor.com/article/penyebab-sakit-mata